Apa itu Virus Rabies?



Virus Rabies
Virus rabies merupakan virus single-stranded RNA negatif, linear,  berukuran 75 x 180 nm, ukuran genome RNA yaitu 11 kb (van del Pol, 2006). Virus rabies memiliki virion beramplop, berbentuk batang dan memiliki lima protein yaitu nukleoprotein N (50 kDa) yang menyelubungi RNA yang berbentuk heliks berfungsi sebagai nukleocapsid dan berasosiasi dengan large protein yaitu RNA-dependent RNA polymerase L (220 kDa) dan co-faktor phosphoprotein P (33kDa). Diantara nukleocapsid dan amplop yang berupa membran lipoprotein terdapat matrix protein M (22 kDa) dan di amplop terdapat glycoprotein G (62 kDa) yang membentuk spike (gambar 1) (Gaudin, 2000; Carter dan Saunders, 2007).

Gambar 1. Komponen virion rabies. Virus berbentuk batang, memiliki amplop, dengan genome RNA berbentuk simentris heliks, dan memiliki komponen virion yang mengandung lima protein yaitu nukleoprotein (N), phosphoprotein (P), large protein (L), matrix protein (M), dan glycoprotein (G) (Carter dan Saunders, 2007).

Tabel 1. Strain pada virus rabies berdasarkan sequence genome (Wunner, 2007).



BACK TO

Postingan populer dari blog ini

Metabolisme Zinc Pada Manusia Dan Hewan (Anjing & Kucing)

PROSEDUR HISTOLOGI: PEMBUATAN BLOK PARAFFIN DAN PEMOTONGAN

Ultrasonography (Usg) dan Aplikasinya Pada Pemeriksaan Organ Reproduksi Serta Diagnosa Kebuntingan & Foetal Sexing Pada Ternak