Profil hormon Macaca fuscata saat umur 4-20 tahun♀ (siklus mestruasi, profil hormonal saat kebuntingan)


PROFIL HORMON SAAT UMUR 4-20 TAHUN


Pada umur 4 tahun, monyet mengalami birahi dan ovulasi pertama kali. Tanda-tanda birahi terlihat dengan adanya perubahan morfologi dimusim kawin dengan wajah dan anogenital yang menjadi lebih merah. Kebuntingan biasanya terjadi pada periode umur 4-20 tahun dimana pada umur 5-17 tahun fungsi ovarium terjaga dengan baik. Pada umur 18-20 tahun fungsi siklus ovari juga masih menunjukkan keadaan terjaga dan apabila monyet mencapai umur 21 tahun biasanya monyet sudah tidak fertile lagi (Nozaki et al., 1995).

Pada umur 4-20 tahun Level LH menjadi sekitar 600-1000 pg/ml, estrogen sekitar 200-450 pg/ml serta progesterone P= 4-6 ng/ml (Nozaki et al., 1995). Dibandingkan dengan umur 3 tahun, pada umur 4 – 20 tahun ini level LH, estrogen dan progesterone sudah cukup tinggi dan dengan konsentrasi ini hewan dapat bereproduksi dengan baik.

Gambar 3. Perubahan konsentrasi plasma LH, Estradiol (E2), dan progesterone (Prog.) selama musim kawin (Breeding season) pada monyet betina mature umur 13 tahun. Hewan dipelihara dalam housed indoor secara individual (Nozaki et al., 1995)


Siklus Mestruasi
Siklus menstruasi pada Macaca fuscata  lebih kurang 27 hari. Siklus dapat dibagi menjadi fase folikuler (ketika level PdG jatuh pada level dasar), fase periolvulatory (dengan estimasi hari ovulasi yaitu sekitar 3 hari yaitu ketika level PdG mulai meningkat naik dan level E1 mencapai puncak) dan fase luteal (ketika level PdG tetap berada di atas level dasar dan terus berpanjangan dan level E1 turun ke level dasar) (O’Neill et al., 2004)

Gambar 4. Gambaran siklus mestruasi, level hormone dan gambaran histologi ovari.

Profil Hormonal Saat Kebuntingan
Kebuntingan pada Macaca fuscata rata-rata 171 hari dan hormone progesterone memiliki peranan penting dalam menjaga kebuntingan. Progesteron secara essential dihasilkan di ovarium pada awal kebuntingan namun akan digantikan oleh plasenta.



Gambar 5. Mean level pregnanediol (PdG) dan estrone (E1) dari 4 betina Macaca fuscata selama 19 minggu kebuntingan, dan jumlah total observasi penerimaan betina selama minggu tersebut  (O’Neill et al., 2006)

Postingan populer dari blog ini

Metabolisme Zinc Pada Manusia Dan Hewan (Anjing & Kucing)

PROSEDUR HISTOLOGI: PEMBUATAN BLOK PARAFFIN DAN PEMOTONGAN

Ultrasonography (Usg) dan Aplikasinya Pada Pemeriksaan Organ Reproduksi Serta Diagnosa Kebuntingan & Foetal Sexing Pada Ternak