Profil hormon Macaca fuscata saat umur 21 dan 24 tahun ♀



PROFIL HORMON SAAT UMUR 21 dan 24 TAHUN 

Memasuki umur 21 tahun merupakan tahapan pre-menopausal pada Macaca fuscata. Pada masa ini hewan cenderung tidak fertile lagi namun siklus menstruasi masih terus berlanjutan. Menstruasi yang berlanjutan dapat dipengaruhi oleh konsentrasi hormone yang masih cukup tinggi. Pada masa pre-menopausal level LH cenderung tinggi secara berterusan (LH = 600-800 pg/ml) dan level estrogen serta progesterone juga tinggi (E = 200 pg/ml dan P = 4ng/ml). Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi hewan steril pada umur ini mencakupi banyak factor (multifactor) seperti lingkungan uterus yang suboptimal, abnormalitas oosit, dan lain-lain (Nozaki et al., 1995)

Gambar 6. Perubahan konsentrasi plasma LH, Estradiol (E2), dan progesterone (Prog.) selama musim kawin (Breeding season) pada dua monyet betina pre-menopausal umur ≥ 24 tahun dan ≥ 21 tahun. Hewan dipelihara dalam housed outdoor secara berkelompok. Pada kedua hewan menunjukkan peningkatan plasma LH selama awal fase musim kawin (musim gugur dan awal bulan dimusim dingin) (Nozaki et al., 1995)




BACK TO



Postingan populer dari blog ini

Metabolisme Zinc Pada Manusia Dan Hewan (Anjing & Kucing)

PROSEDUR HISTOLOGI: PEMBUATAN BLOK PARAFFIN DAN PEMOTONGAN

Ultrasonography (Usg) dan Aplikasinya Pada Pemeriksaan Organ Reproduksi Serta Diagnosa Kebuntingan & Foetal Sexing Pada Ternak