Profil hormon Macaca fuscata saat umur 26 dan 27 tahun ♀ (tahapan pre-menopausal)



PROFIL HORMON SAAT UMUR 26 dan 27 TAHUN 

Memasuki umur 26 tahun merupakan tahapan peri-menopausal pada Macaca fuscata. Pada masa ini level LH cenderung tinggi secara berterusan (1200 pg/ml), level estrogen dan progesterone menurun (E < 150 pg/ml dan P < 1 ng/ml). Pada umur ini hewan tidak mengalami ovulasi namun ada juga hewan yang mengalami ovulasi. Akan tetapi ovulasi yang terjadi tidak didukung dengan fungsi luteal yang cukup dimana level progesterone berada pada level yang rendah (Nozaki et al., 1995)

Pada masa peri-menopausal jumlah folikel primordial akan menurun akibat ovarium yang sudah tidak responsive. Sekresi hormone progesterone dan estrogen yang terjadi juga tidak dalam jumlah yang bermakna sehingga umpan balik negative P dan E menurun dan menyebabkan sekresi FSH dan LH meningkat (Ganong, 2001) sehingga terihat level LH yang tinggi dengan level P dan E yang rendah.



Gambar 7. Perubahan konsentrasi plasma LH, Estradiol (E2), dan progesterone (Prog.) selama musim kawin (Breeding season) pada dua monyet betina peri-menopausal umur 27 tahun dan ≥ 26 tahun. Hewan dipelihara dalam housed outdoor secara berkelompok. Pada kedua hewan menunjukkan peningkatan plasma LH selama awal fase musim kawin (musim gugur dan awal bulan dimusim dingin) (Nozaki et al., 1995)



BACK TO



Postingan populer dari blog ini

Metabolisme Zinc Pada Manusia Dan Hewan (Anjing & Kucing)

PROSEDUR HISTOLOGI: PEMBUATAN BLOK PARAFFIN DAN PEMOTONGAN

Ultrasonography (Usg) dan Aplikasinya Pada Pemeriksaan Organ Reproduksi Serta Diagnosa Kebuntingan & Foetal Sexing Pada Ternak